NEKAT ATAU HEBAT

Nekat atau hebatkah… apabila kita menjumpai seseorang menyeberangi sungai tanpa pelampung??
Nekat atau hebatkah…. apabila kita menjumpai seorang pekerja bangunan tinggi tanpa tali pengaman??

Pertanyaan ini saya lontarkan pada sesi diskusi tentang risiko operasi skoliosis dengan para residen saya di pojok kamar operasi. Hampir semua residen menjawab nekat dan sebagian kecil residen menjawab hebat.

Saya katakan risiko terberat seseorang menyeberangi sungai adalah tenggelam. Risiko ini dapat kita hindari dengan menyiapkan pelampung dan tali pengaman. Kita bisa katakan tidak ada risiko tenggelam pada orang yang menyeberangi sungai apabila dia dipasangkan alat pelampung dan tali pengaman.

Lalu apa hubungannya dengan risiko operasi skoliosis?

Saya katakan yang jadi pelampung pada operasi skoliosis adalah alat monitor saraf selama operasi, dan yang menjadi tali pengamannya adalah alat auto transfusi. Dua alat ini menjadi penting disiapkan pada setiap operasi skoliosis, Apalagi pada kurva skoliosis yang berat lebih dari 60 derajat.

Saya pikir hal ini akan menuai perdebatan…, namun maksud tulisan ini bukan lah untuk diperdebatkan.
Tulisan ini ditujukan untuk menjawab demikian banyak pertanyaan pasien mengenai risiko operasi skoliosis.
Di RSCM dengan dua fasilitas alat ini, yang selalu saya gunakan pada setiap operasi skoliosis, saya dapat menghindari kematian intra operatif dan kelumpuhan pasca operasi skoliosis walau dengan sudut skoliosis yang berat dan ekstrim. Saya dapat menunjukkan banyak kasus tentang ini.

Lalu seberapa penting kedua alat ini?? Berdasarkan review yang saya lakukan dan mengamati kejadian risiko kematian dan kelumpuhan di tempat lain, kedua alat ini menjadi wajib disediakan pada operasi skoliosis. Hal ini sesuai dengan standard pada akreditasi JCI yang mengutamakan patient safety… patient safety….

Di akhir diskusi saya mengatakan kepada seluruh residen bahwa keberhasilan operasi justru pada kesiapan Anda memetakan dan mengantisipasi capaian dan risiko.
Saya teringat kata-kata almarhum guru saya (semoga Allah membahagiakan beliau dengan ilmu yang beliau berikan ke saya):
‘Sehebat apapun hasil operasi Anda kalau pasiennya meninggal tak ada gunanya’…..

Semoga ini menjadi pelajaran buat kita semua……

Categories : Pengalaman saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *