Total Treatment Spondylitis dengan Minimally Invasive Approach

11234877_10153660675357421_4671044146775272694_o

Professor Subroto Sapardan dengan karyanya Total Treatment pada spondylitis tuberkulosis diakui sebagai pendekatan penatalaksanaan infeksi tulang belakang yang historikal (semoga Allah SWT melapangkan hidup beliau di alam sana).

Ada sepuluh alternatif yang beliau ajukan untuk penatalaksanaan kasus infeksi tulang belakang ini.

Gambar yang saya majukan pada kasus ini adalah hasil dari penatalaksanaan total treatment Alternative 2 dimana evakuasi abses menjadi sasaran prosedur pada kasus spondylitis dengan nanah dalam jumlah banyak terperangkap di paravertebra, sementara vertebranya masih utuh.

Penggunaan tekhnologi kedokteran mendorong kami memodifikasi pendekatan Alternative 2 ini dengan menambahkan pendekatan Minimally invasive approach.

Luka yang kecil, jumlah nanah yang berhasil dikeluarkan dan pencucian kantong abses dapat dilakukan dengan capaian yang tidak berbeda dengan alternative 2 total treatment yang dikenal sebelumnya…

Minimal incision yang menjadi trend operasi saat ini pun dapat diterapkan pada pendekatan penatalaksanaan infeksi tulang belakang yang digagas oleh almarhum Prof Subroto Sapardan SpB spOT.

Categories : Pengalaman saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *