Lumpuh…., lalu masih adakah harapan untuk pulih?

Lumpuh (total) adalah kondisi dimana kedua tungkai seseorang tidak dapat berfungsi sebagaimana orang normal.
Kenyataannya selama ini berbagai upaya yang dilakukan tidak memberikan harapan sama sekali.

Kajian ilmu kedokteran menyatakan bahwa kelumpuhan itu dapat disebabkam oleh berbagai sebab mulai penyebab pada organ otot, tulang, pembuluh darah bahkan gangguan pada saraf baik saraf perifer maupun saraf pusat.

Cidera pada saraf di tulang belakang baik saraf pusat maupun saraf tepi dapat menyebabkan kelumpuhan. Kelumpuhan dengan kategori seperti ini saat ini sedang dalam penelitian oleh para peneliti yang tergabung dalam kelompok peneliti “spinal cord injury”.

Prosedur aspirasi bone marrow dari tulang iliaka pasien sebagai bahan dasar sel punca dikerjakan di poliklinik orthopaedi RSCM. Prosesing, kultur sel dan pemanenan sel punca dikerjakan di laboratorium sel UPT Teknologi Kedokteran Sel Punca. Selanjutnya administrasi sel ke pasien melalui jalur intra vena, intra tekal dan intra lesi dilaksanakan di ruang prosedur steril RSCM.

Yang menarik adalah bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh team work FKUI-RSCM yang handal. Para peneliti dari berbagai disiplin ilmu seperti ahli saraf (neurologist), ahli tulang belakang (orthopaedic spine, neuro spine), basic scientist dan para praktisi laboratorium sel bergabung dalam tim ini.

Walaupun belum menunjukkan hasil yang menggembirakan, sebagai peneliti sekaligus praktisi saya yakin banyak hal yang bermanfaat dapat disajikan bagi penyandang kelumpuhan karena cidera saraf.

Mari kita doakan agar kegiatan ini terus berlanjut sampai memberikan hasil yang luar biasa terhadap penyandang cacat lumpuh.

Rahyussalim

Categories : Info kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *