Persiapan operasi sebagai bagian yang sangat penting dalam mencapai tujuan operasi

11 September 2010

 

Ada banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan operasi apapun jenis operasinya. Dari sisi pasien kesiapan tubuh pasien dilakukan operasi, kesiapan dana (syukur-syukur ada asuransi yang mau membayarkan semua pembiayaan), cara berpikir pasien dan keluarganya, dan kepatuhan pasien mengikuti skenario yang sudah dirancang oleh tim dokter yang melakukan operasi. Dari sisi rumah sakit kesiapan tim paramedis, kesiapan kama operasi, kesiapan peralatan yang diperlukan, kesiapan apabila komplikasi yang tidak diharapkan, kesiapan obat dan alkes untuk pra intra dan pasca operasi. Dari sisi dokter operator diperlukan kesiapan keilmuan yang mumpuni, kesiapan diri si dokter menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, kesiapan dokter dalam mengantisipasi kejadian di luar dugaan, komunikasi dokter dengan pasien, komunikasi dokter operator dengan dokter lainnya dalam tim, komunikasi dokter dengan paramedis dan kecapakapan dokter operator menjalankan alat dan instrumentasi yang akan digunakan.

 

Tampaknya ruwet dan memang begitulah adanya. Seorang dokter operator ibarat conductor yang memikirkan, melaksanakan dan mengantisipasi semua tim dan instrumentasi agar tercipta harmoni yang berujung pada capaian operasi.

 

Operasi tulang belakang katakanlah operasi skoliosis yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan keakuratan baik diagnostik maupun terapetik yang memerlukan hamonisasi tim yang solid dalam mencapai tujuan operasi yang sudah dirumuskan.

 

Nishitaga Hospital tempat 2 tahun yang lalu saya pernah terlibat mempersiapkan operasi skoliosis dapat menjadi cermin bagaimana sebuah persiapan operasi hingga selesai dilakukan dengan cermat. Semua faktor yang memiliki banyak variabel mulai dari sisi pasien hingga kesiapan tim operasi selalu menjadi perhatian dan selalu di lakukan pengecekan berulang secara ketat apakah hingga detik2 terakhir selalu dalam keadaan ready. Semua insan yang terlibat dalam sebuah pelaksanaan operasi skoliosis selalu tau bahkan detil penyakit dan siapa pasien yang akan mereka operasi. Semua ini bisa terjadi karena memang mereka bekerja penuh dengan dedikasi yang bertanggung jawab.

 

Lalu bagaimanakah di Indonesia. Di beberapa rumah sakit yang sudah terakreditasi dengan baik sudah mampu meniru persiapan sebagaimana rumah sakit luar yang saya contohkan. Namun negara kita adalah negara besar yang memiliki ratusan bahkan ribuan pelayanan kesehatan masih ada rumah sakit kita jumpai memiliki persiapan operasi yang tidak sesuai dengan contoh diatas. Alasan klasik mulai dari masalah keuangan hingga pada masalah mental manusia baik pasien maupun pelaku kesehatan memang seharusnya menjadi perhatian kita untuk dibenahi.

 

Pelayanan rumah sakit di Indonesia yang masih sangat variatif, ekonomi penderita yang juga sangat variatif, belum lagi perusahaan asuransi yang sangat selektif menentukan nasabahnya ditambah pembatasan-pembatasan pembiayaan dan jenis penyakit menjadi hal yang sangat krusial kita benahi.

 

Saya berharap semua penderita di Indonesia dapat dilayani dengan persiapan pra operasi yang matang dengan kualitas yang terakreditasi tidak pandang dari kalangan ekonomi mana dia berada. Tugas pembuat kebijakan, praktisi dan orang berduit bangsa ini berkolaborasi membenahi tugas berat dan menantang ini….. Semoga saja..

 

Disalin dari: https://www.facebook.com/notes/rahyus-salim/persiapan-operasi-sebagai-bagian-yang-sangat-penting-dalam-mencapai-tujuan-opera/437321808598

Categories : Info kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *