Arti Sebuah ‘Rak Sepatu’ sebagai bagian tata kelola Kamar Operasi….

13 September 2010

Gambar disamping ini bukanlah gambar rak sepatu pajangan toko sepatu/sandal ataupun rak sepatu tempat penyimpanan sepatu di mesjid tetapi ini adalah sebuah gambar rak sepatu yang saya ambil 2 tahun yang lalu di salah sebuah ruang ganti salah sebuah rumah sakit modern bukan di Indonesia.

Pada awalnya saya berfikir pengelola kamar operasi rumah sakit ini terlalu boros dalam menganggarkan dana hanya untuk mengelola sepatu para dokter operator dan para medis yang telibat dalam operasi. Betulkah demikian???Coba anda perhatikan pada gambar diatas. Di gambar ini anda bisa melihat pada satu level tempat penyimpanan sepatu selalu ada 2 tempat sepatu. Dibagian atas adalah sepatu yang hendak anda gunakan, sementara tempat yang dibawah adalah tempat sepatu yang sedang anda pakai. Sepatu yang anda gunakan dari luar kamar operasi di rak ini tidak boleh bersentuhan apalagi bercampur dengan dengan sepatu yang hendak anda gunakan di dalam kamar operasi. Di bagian lain rak ini ada tempat penyimpanan kaos kaki yang hendak digunakan. Terutama di musim dingin atau suhu kamar operasi yang di patok pada suhu dengan kisaran 10 derajat kaos kaki ini sangat membantu melindungi si operator dari serangan suhu dingin.Setting yang menghindarkan pertemuan atau percampuran sepatu yang akan digunakan di dalam kamar operasi dengan sepatu yang dipakai dari luar kamar operasi dikatakan cukup efektif dalam mengurangi angka infeksi sekunder, infeksi nosokomial dan infeksi tambahan yang tidak perlu, selain budaya selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memeriksa apalagi melakukan operasi.

Pertanyaannya lalu bagaimanakah pengelola kamar operasi di rumah sakit kita menyikapi sepatu ini?? Jujur saja saya katakan, sejauh ini saya memang belum menemukan rumah-sakit yang pernah saya kunjungi di Indonesia (tentu saja tidak mewakili) belum memiliki antisipasi infeksi sekunder terutama dalam mengelola sepatu sampai pada pemikiran seperti kelola sepatu yang saya berikan gambarnya diatas.

Sebagian barangkali beranggapan terlalu berlebihan dan sebagian bisa saja bersikap suatu keharusan bahwa pengelolaan sepatu idealnya memang menghindarkan pertemuan kedua jenis sepatu ini….

Pengelolaan kamar operasi yang baik dan benar tentu berimplikasi pada operasional biaya operasi dst, dan ini tentu saja menjadi pertimbaangan bagi pengelola rumah sakit di negara kita…. Namun menurut saya kita harus secepatnya sampai pada pengelolaan yang benar termasuk sepatu…..

 

Disalin dari: https://www.facebook.com/notes/rahyus-salim/arti-sebuah-rak-sepatu-sebagai-bagian-tata-kelola-kamar-operasi/438040623598

Categories : Pengalaman saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *