Operasi Skoliosis berbiaya Pemerintah di RSUPN Cipto Mangunkusumo

1 Maret 2009

“Untuk tidak mengatakan ‘gratis’ atas sebagian besar uang yang seharusnya dikeluarkan oleh seorang penderita skoliosis di RSUPN Ciptomangunkusumo saya mengganti istilah ini dengan istilah ‘berbiaya pemerintah'” demikian saya memulai penjelasan kepada seorang penderita skoliosis yang kami rencanakan operasi skoliosis di RSUPN Ciptomangunkusumo.

Sebut sajalah nama anak ini Nandito yang berasal dari luar Jakarta. Lebih kurang 3 bulan yang lalu dia menghubungi saya setelah mendapat informasi mengenai skoliosis dari internet. Kegigihan Nandito dan orang tuanya patut saya acungkan jempol karena berhasil mengurus surat jamkesmas dari tempat dia bermukim (di luar jakarta). Walaupun anaknya bisa dikatakan datang terlambat berobat ke dokter karena selama lebih dari 5 tahun dia melanglang buana mencari pengobatan urut alternatif yang juga telah menghabiskan banyak biaya.

Buat seorang praktisi kedokteran seperti saya perilaku seperti ini memang menjengkelkan. Mengeluarkan uang yang bahkan berjumlah jutaan buat pengobatan alternatif bagi seorang penderita kadang tidak menjadi masalah walaupun dengan hasil yang mengecewakan, sementara ketika dia sudah kehabisan uang dan berobat ke Rumah Sakit dengan angka yang sama bahkan kadang bisa lebih kecil mereka selalu mengatakan biaya pengobatan rumah sakit mahal. Sungguh menyedihkan dan memerlukan kesabaran. Tapi lupakanlah…. orang seperti ini selayaknya kita bantu.

“Kalau Ibu sudah memiliki surat Jamkesmas maka silakan temui saya, dan saya lakukan pemeriksaan lengkap untuk menentukan detil skoliosis yang diderita Nandito” jelas saya kepada orang tua Nandito. Biaya beberapa pemeriksaan memang masih ditanggung oleh keluarga. Namun biaya operasi, implant dan ruangan semuanya ditanggung oleh pemerintah.

Kejadian ini saya kira preseden baik bagi penderita skoliosis bahkan mungkin untuk penderita lainnya yang seharusnya tidak lagi takut dengan biaya. Perlahan dengan kelengkapan administrasi pengobatan di RSUPN Ciptomangunkusumo pengobatan berbiaya pemerintah ini kelihatan semakin mudah dan semakin diperluas. Kalau Anda penasaran….. silakan coba…ehm.

Categories : Saya dan pasien

14 thoughts on “Operasi Skoliosis berbiaya Pemerintah di RSUPN Cipto Mangunkusumo”

  1. Anak kami perempuan uaia 25 th, ingin operasi scoliosis, kami peserta askes, bagaimana dg biaya yg hrs kami tanggung? Jawaban dokter sangat kami tunggu..

  2. Dok mf sy mau tanya persyaratanya apa aja?sekarang kan sudah pake BPJS.sy telusuri situs web ternyata sy terkena skoliosis ..dulu sy gk ngerti dan orang tua sy pun gk ngrti..Sy merasakan kemiringan tulang belakang semenjak duduk di kelas SD.smpe skrg sy berumur 27thn dan sudah punya anak.sy baru menyadari nya sejak baca di website bhawa sy tulang belakang nya tidak normal dan sekarang dada sy sering nyeri..apa kah ini sudah parah?mkasi dan mohon info lanjutnya

    1. utk urus bpjs silakan ke kantor bpjs. Utk tahu tingkat keparahan skoliosis…sebaiknya diperiksa yang teliti oleh dokter orthopaedi sub spesialis tulang belakang

  3. Malam dok, mohon informasi kontak dokter yg bisa kami hubungi, kebetulan adik saya penderita skolasi, disarankan untuk opersi diRSCM, tp sebelumnya di suruh buka website terkait MSI dan saya membaca blog dokter, Trimakasih

    1. Silakan hubungi saya di 0811819466
      Utk appointment di RSCM Kencana atau poli madya bisa melalui 1500 135

    2. Silakan hubungi saya di 0811819466

      Utk pendaftaran di RSCM Kencana atau poli madya bisa melalui call center RSCM di 1500 135

    1. bisa, tetapi tidak semua RS dapat melakukan operasi skoliosis, selain harus ada dokter orthopaedi subspesialis tulang belakang, dokter anestesi, juga harus didukung sarfas yang lengkap seperti ICU, C-arm, monitor saraf dll.

      Jika di referal hospital seperti RSCM, operasi skoliosis malah seluruhnya dicover BPJS, tetapi antriannya bisa sampai 2 tahun. Jika di RS swasta yang bekerjasama dengan BPJS dapat menggunakan sistem co-sharing, artinya pasien membayar selisih biaya total dengan yang dicover BPJS

  4. Dokter ,
    Anak saya yang berumur 22 tahun menderita Scoliosis dengan kemiringan sudah 90 derajat, mungkin lebih saat ini.

    Yang bisa kami lakukan saat ini hanya Yoga dan berenang, karena biaya operasi yang sangat tinggi dan kami tidak mampu untuk menanggung biaya tinggi tsb.
    Anak saya saat ini, sudah bulat ingin dioperasi karena nyeri sering terasa olehnya. Dan sangat mengganggu aktifitas hari – harinya sehari-hari, juga rasa percaya diri yang makin menurun .

    Sejauh ini , harapan kami hanya BPJS. Apa yang dokter bisa bantu dan sarankan kepada kami ? Kami sangat menunggu berita baik dari dokter untuk menolong anak tercinta kami.

    Terima kasih

  5. Dok, sy mau tanya.
    Adik sy dari lahir udh mnderita skoliosis, dan baru periksa ke dokter wktu dy udh jlan umur 8 thn. Kata mamaku wktu di MRI dokterny blng klw skrng efekny udh ke lambung, jdi dy gk bisa mkn trlalu bnyk. Dan klw dibiarkn nnti efekny bkalan ke jantung ama paru2ny dy. Paru2 adekku kecil sebelah karena mungking gk bisa brtumbuh krna trhlangi ama tulangnya. Kira2 itu masih bisa di operasi? Apakah tidak mmbhayakan adik sy?? Dan dimana saja rumah sakit diluar pulau jawa yg pelayanan operasi skoliosisny ditnggung oleh pmerintah??

    1. Sheilla Hasan yth,
      Berbicara congenital scoliosis memang perlu perhatian yang lebih. Terutama dalam mencermati kelainan yang sesungguhnya terjadi. Operasi dilakukan dengan pertimbangan pada jenis dan beratnya kelainan, gangguan yang organ yang terjadi, toleransi operasi dan teknik operasi. Sejauh manfaat operasi memberikan dampak yang baik dan pelaksanaan operasi dapat dikerjakan dengan aman maka operasi sangat dianjurkan dilakukan demi kebaikan pasien. Mudah2an dapat membantu.

      Rahyussalim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *