Menyambung jari

8 September 2009

Barangkali Anda juga akan “kagum” sebagaimana kagumnya saya ketika mendapati ada seorang ibu muda hari gini, di kota besar seperti jakarta ini, masih mau memotong ayam sendiri, menguliti sendiri, memasak sendiri untuk disajikan bagi keluarga kecilnya.

“…..Luar biasa….” gumam saya ketika ibu Ana mulai mengurai cerita ketika pada akhirnya jari telunjuk kirinya ikut putus ketika memotong-motong ayam yang akan dibuat gulai ayam kuah kental pedas. Beruntung bu Ana sangat cekatan, dan walaupun sempat ke pengobatan “alternatif” dan di bebat sesuai ilmu alternatif, akhirnya bisa dilakukan operasi setelah 6 jam dari kejadian.

Ada 2 hal yang menjadi perhatian saya ketika itu, pertama merawat luka yang darahnya masih mengalir dan yang kedua merawat ujung jari yang terlepas yang sudah sempat kena “cedera susulan” oleh tukang obat alternatif. Untuk yang pertama barangkali tidak menimbulkan masalah berarti buat saya, namun untuk yang kedua membuat saya sebagai ahli bedah menjadi “gemes” karena bebatan mengakibatkan struktur jaringan ujung jari menjadi rusak dan compang-camping selain cara menyimpan jaringan yang tidak baik.

Sesungguhnya saya agak ragu akan hasil yang bisa dicapai bila operasi dilakukan untuk menyambung jari ini, namun setelah diskusi panjang lebar dengan bu Ana ternyata dia siap dengan segala kemungkinan akan hasil yang tidak memuaskan walaupun saya bilang bahwa keberhasilannya menjadi kurang dari 50%.

“….Saya setuju operasi untuk menyambung jari saya dengan segala capainnya…. ” Bu Ana dengan mantap mengutarakan niatnya dan menandatangani lembaran “informed consent” yang saya sodorkan.

Malam itu operasi berjalan sukses. Semua  prosedur perawatan dan penyambungan jari saya selesaikan dengan baik kurang dari 3 jam. Saya coba untuk mempertemukan ujung-ujung pembuluh darah yang putus, demikian pula saya pasang satu kawat berukuran 0,8 mm untuk menyangga, dan perawatan saya lanjutkan dengan lampu penghangat..

Walaupun hasil operasi tidak memuaskan saya karena hampir 40 % dari ujung jari itu mengalami kematian jaringan, namun dari kasus ini dapat diambil suatu pelajaran penting bahwa manajemen ujung jari yang putus ternyata mempengaruhi hasil penyambungan jari.

Lalu bagaimana kita sebaiknya memperlakukan jaringan yang putus? Kadangkala banyak yang tidak menyadari bahwa keberhasilan penyambungan jari yang putus sangat dipengaruhi oleh bagaimana si korban memperlakukan jaringan tersebut.

Saya berikan tips bagaimana sebaiknya Anda bersikap. Pertama tenangkan diri Anda. Bersiaplah untuk menghentikan perdarahan pada jari Anda dan kemudian amankan ujung jari Anda yang mengalami putus. Kalau ditempat kejadian tersedia  kotak P3K maka ambillah kasa lalu balut tekan di daerah luka dengan kassa yang Ada.

Kedua perlakukan ujung jari yang putus dengan baik. Hindari cedera tambahan dengan memperlakukannya dengan jentel (gentle). Gunakanlah bahan katun yang bersih untuk memegang dan masukkan ke dalam kantung plastik yang sudah di alasi bahan katun. Kemudian tempatkan didalam wadah dingin dengan suhu berkisar 0 sd 10 derajat.

Ketiga pikirkan satu Rumah Sakit yang memiliki fasilitas dan mampu melakukan operasi penyambungan jari. Segera lah ke Rumah Sakit tersebut sesegera mungkin sehingga operasi dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 8 jam sejak kejadian.

Bila tahapan ini Anda lewati dengan baik maka berarti anda sudah memenuhi sebagian besar syarat tercapainya hasil penyambungan yang optimal. Nah….  setelah itu keberhasilan tergantung pada sejauh mana prosedur operasi dilakukan dengan sangat baik dan tentunya NASIB anda…

 

Categories : Saya dan pasien

24 thoughts on “Menyambung jari”

  1. Dok, ini jari saya putus. Yg tlunjuk tangan kiri. Putus nya hampir 2 ruas dok. Sudah di obati juga. Sudah hampir 3 bulan kejadiannya. Apa bisa di sambung dok? Kira2 brapa ya biayanya…

    1. Disambung ya bisa saja. Namun hasilnya yang jadi tanda tanya. Keberhasilan penyambuangan jari tergantung banyak hal salah satunya lama kejadian. Semakin lama kejadiannya semakin kecil keberhasilannya

        1. DN yth,
          Keberhasilan penyambungan jari tergantung pada banyak hal, antara lain: lama kejadian, mekanisme cidera, kerusakan jaringan, keterlibatan saraf dan pembuluh darah, serta ketersediaan alat dan fasilitas. Bila semuanya mendukung maka operasi biasanya dapat dikerjakan dengan hasil yang sangat memuaskan.

          Rahyussalim

  2. dok kemarin jari telunjuk saya baru amputasi padahal mau penanaman di perut malah amputasi. apakah bisa di tanam tidak dok 1ruas . kini tulangnya ada pada saya yg kemrindi amputasi 1 ruas

    1. Harus dilakuka pemeriksaan teliti apakah jaringan nya masih hidup ataubsdh mati. Langkah pertama pastikan jaringannya hidup. Bila masih hidup baru dilakukan replantasi

  3. Dok mau tanya,3 minggu yg lalu jari telunjuk dan manis tangan kiri sy pd bagian telapak tersayat seng ckp dalam,pertolongan pertama sy bawa ke puskesmas dan dijahit setelah lukanya sembuh dan dagingya tersambung jari saya 22nya tidak bisa dtekuk,ap jari sy bisa berfungsi normal kembali.trmksih

  4. Dokter, apakah mungkin atau bisa jari yang telah lama diamputasi di sambung kembali walaupun itu dengan jari palsu? tujuannya supaya percaya diri

  5. Dok saya mau tanya saya mengalami cacat sejak lahi umur 24 tahun..tangan kanan saya semua terpotong tapi tapi masi berjari2 cm pendek2 semua..apakah bisa operasi penyampungan jari2 dok??? Apa tidak banyaj resiko atau dampak yang di timbulkan..??

    1. Kiki yth,
      Sulit juga ya. Saya pikir sebaiknya datang ke RSCM untuk berkonsultasi dengan ahli orthopaedi rekonstruksi.

      Terima kasih.

      Rahyussalim

  6. Dok saya mau melakukan transplantasi untuk ibujari tangan sy di amputasi di malaysia 1tahun yg lalu.

  7. Dok sdh 4 hri jari kaki telunjuk sy hmpir teroutus keadaannya sejak kecelakaan. Dokter sruh amputasi. Ktnya saraf sdh mati.apqkqh kl saya merasakan skt dijari kaki trsb msh hidup saraf/jaringan kaki? Dok jari kaki sy tsb sdh brwna hitam.

    1. Yth Berta
      Terima kasih atas pertanyaannya..
      Kalau masih ada rasa biasanya sarafnya masih baik. Jari yang hitam legam dan keriput biasanya tanda tanda kematian jaringan.
      Saran saya dipastikan apa betul sdh mati apa belum.

      Rahyussalim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *